MASTA IMM & ORTOM UAD 2015

MASTA IMM & ORTOM UAD 2015

Masa Ta’aruf adalah program penyambutan mahasiswa baru tahun 2015 yang bertujuan untuk :

  1. Memperkenalkan organisasi otonom Muhammadiyah di Universitas Ahmad Dahlan yaitu Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Hizbul Wathan dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Organisasi Otonom Muhammadiyah ialah organisasi atau badan yang dibentuk oleh Persyarikatan Muhammadiyah tertentu sendiri, membina warga Persyarikatan Muhammadiyah tertentu dan dalam bidang-bidang tertentu pula dalam rangka mencapai maksud dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah.

Maksud dan Tujuan Muhammadiyah

Segala hal yang dikerjakan oleh Muhammadiyah didahului dengan adanya maksud dan tujuan, yang berbunyi “Menegakkan dan menjujung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya.”

Hizbul Wathan

Gerakan kepanduan Hizbul Wathan atau yang sering kita dengar dengan istilah HW merupakan salah satu organisasi otonom (ortom) milik Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang kepanduan dengan dasar Al-Qur’an da as-sunnah. HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1918 oleh KH Ahmad Dahlan.

Tapak Suci

Tapak Suci Putera Muhammadiyah adalah organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyah yang beraqidah islam, bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah, berjiwa ppersaudaraan, dan merupakan perkumpulan dan perguruan seni bela diri.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

IMM merupakan organisasi otonom di bawah Muhammadiyah yang bergerak di ranah mahasiswa dengan konsep triloginya yaitu Religiusitas, Intelektualitas, dan Humanitas yang bertujuan “Mengusahakan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.”

ATRIBUT MAHASISWA BARU:

  • Laki laki menggunakan Kemeja putih , celana hitam kain , jas alma dan Peci hitam
  • Perempuan menggunakan Kemeja putih panjang, rok hitam kain ( bukan shifon ), jas alma dan jilbab merah maroon wajib diurai kebawah dan double jika menggunakan paris (tidak boleh terawang)
  • Membuat Cocard peserta
  • Menggunakan tas atribut fakultas
  • Menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sudah di tentukan fakultas

BARANG BAWAAN MABA DI HARI MASTA :

  • Mahasiswa baru Wajib membawa buku panduan p2k
  • Membawa uang sebesar 5 ribu untuk baksos
  • Membawa alat shalat ( mukena, sejadah )
  • Menulis kan potongan surat Ali –imran 104, ali imran : 110, dan al ahzab : 21 ,arti ,dan makna dikertas polio
  • Mencari Biografi tokoh muhammadiyah di print 3 tokoh disertai foto tdk di jilid
  • Membawa buku non fiksi (agama, kemuhammadiyahan dan kemahasiswaan) à 1 kelompok 3 buku

(ketentuan boleh baru dan bekas jika baru harga tidak boleh lebih dari 25 ribu per buku)

  • Wajib membawa Aqua 1.5 liter (5ribu) dan Roti dengan harga 8 ribu dan membawa makanan seperlunya
  • uang cadangan maba tidak boleh membawa lebih dari 20 ribu

 

Logo IMM Logo Tapak Suci Logo Hizbul Wathan
logo imm tapak suci HW

 

Petunjuk Pembuatan Co-Card

MASTA

 

 

 

 

masta2

 

 

 

 

Materi Technical Meeting dapat diunduh pada link berikut:

http://imm.fti.uad.ac.id/wp-content/uploads/2015/08/TM-Masta-2015.pdf

LDP IMM FTI : Mempersiapkan Kader Penerus Pimpinan

LDP IMM FTI : Mempersiapkan Kader Penerus Pimpinan

LDP (Latihan Dasar Pimpinan) adalah bagian dari program pengkaderan IMM FTI (Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah Fakultas Teknologi Industri) sebagai upaya Pimpinan Komisariat IMM FTI untuk mempersiapkan regenerasi struktur Pimpinan Komisaria IMM FTI periode selanjutnya. Kegiatan yang berlangsung di Wisma Kaliurang (Magersari, Ngesiksigondho, Kaliurang Barat Yogyakarta) pada hari Sabtu-Ahad, tanggal 16-17 Mei 2015.

Kegiatan ini khusus diikuti oleh kader IMM FTI UAD non-PK, dikarenakan bertujuan untuk mempersiapkan calon Pimpinan Komisariat IMM FTI UAD. Sehingga Pimpinan Komisariat IMM FTI UAD selanjutnya tidak prematur dan lebih siap dalam menghadapi tantangan periode ke depan dengan jiwa yang tegar dan ikhlas dengan mengejawantahkan ideologi IMM.

Tahsin bada subuh LDP IMM FTI

Tahsin Bareng Ba’da subuh LDP IMM FTI

Materi yang disampaika pada kegiatan ini merupakn kolaborasi kebutuhan kader di komisariat IMM FTI UAD dan silabus pengkaderan Pimpinan Cabang IMM Djazma Al Kindi Kota Yogyakarta. Materi tersebut meliputi Kemuhammadiyahan, penguatan keimanan, character engineer, ibadah praktis, komunikasi intrapersonal, germa analisis komisariat, GBHO (Garis Besar Haluan Organisasi), kolektif kolegial dan mekanisme kerja pimpinan komisariat. Macam-macam materi tersebut dikemas dengan aktif learning yang tidak ada satu pun peserta yang diam saja dalam tiap satu jenis materi dengan pendekatan berpikir secara dewasa.

Immawati Nafia selaku sekretaris bidang kader IMM FTI UAD menyampaikan,”LDP ini bukanlah satu-satunya cara mempersiapkan kader untuk duduk di Pimpinan Komisariat, namun kegiatan ini diadakan karena IMM FTI butuh metode pengkaderan seperti ini”.

“Wajah Segar IMM BPP UAD”

“Wajah Segar IMM BPP UAD”

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah komisariat Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Anak Usia Dini disingkat dengan IMM BPP sudah berusia tiga tahun. Usia yang masih sangat belia jika diasumsikan dengan kelahiran manusia. Awal terbentuknya berupa BP2K (Badan Persiapan Pembentukan Komisariat) setelah melewati beberapa tahap, pada tanggal 8 Februari 2012 kami mampu berdiri menjadi komisariat.

Komisariat IMM BPP ini, awalnya menempati basecamp yang berada di kampus V Universitas Ahmad Dahlan. Namun, dengan adanya pembangunan kampus tersebut demi meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa PGSD, lahan dari gedung komisariat menjadi sasaran untuk pembangunan sehingga perlu adanya perataan tanah atau biasa disebut dengan penggusuran. Sementara menunggu selesai pembangunan tersebut, komisariat IMM BPP berpindah tempat di sebuah kontrakan yang terletak di antara kampus V dan kampus II UAD. Tempat yang sangat strategis untuk mengadakan kegiatan dan regulasi komisariat, karena program studi Bimbingan dan Konseling terletak di kampus II dan program studi PGSD dan PGPAUD terletak di kampus V Universitas Ahmad Dahlan.

Semangat dan perjuangan segenap keluarga ikatan terus dipupuk dengan adanya tempat basecamp yang baru. Komitmen untuk meningkatkan kegiatan – kegiatan dengan tujuan untuk memperkuat ukhuwah islamiyah serta keakraban ikatan, IMM BPP mengadakan kegiatan Latihan Dasar Organisasi dan Latihan Dasar Ikatan.

Latihan Dasar Organisasi dan Latihan Dasar Ikatan (LDO/LDI) dengan tema “Melahirkan Kader Islami Sejati yang Amanah, Demokratis dan Harmonis” yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2015 bertempat di Jalan Kaliurang km 23 tepatnya di gedung Pusat Pengembangan Muhammadiyah (Pusbang) dengan jumlah peserta 30 orang dan 16 panitia berjalan dengan lancar, meski ketua komisariat tidak dapat menghadiri kegiatan tersebut karena bersamaan dengan acara Latihan Instruktur Dasar IMM Cabang Djasman Al-Kindi Kota Yogyakarta.

Kegiatan dalam LDO/LDI meliputi pemberian materi dan outbond. Dengan tujuan untuk menanamkan pengetahuan tentang keorganisasian, kemuhammadiyahan, dan ke-IMM-an. Dengan difokuskan pada materi indoor, tetap diimbangi dengan outbond dan ice breaking. Adapun materi yang diberikan pada latihan ini, antara lain Who am I ?, Motivasi organisasi, Manajemen Organisasi, Kemuhammadiyahan, dan lain – lain. “Pemateri enak – enak, pembawaan para pemateri ‘ngena’ dan tidak membosankan serta membangkitkan saya untuk berorganisasi. Meski pada acara outbondnya sedikit ‘garing’ kurang seru”. Kata salah satu Kader IMM BPP. (IF)

Komisariat IMM Ekonomi  UAD

Komisariat IMM Ekonomi UAD

Komisariat IMM Ekonomi  UAD

Komisariat IMM Psikologi  UAD

Komisariat IMM Psikologi UAD

Komisariat IMM Psikologi  UAD

Komisariat IMM FAI  UAD

Komisariat IMM FAI UAD

Komisariat IMM FAI  UAD

Komisariat IMM FTI UAD

Komisariat IMM FTI UAD

Komisariat IMM FTI UAD, Berdiri pada tanggal , dan didirikan oleh