DPP IMM AKAN ADAKAN PERKADERAN MAHASISWA ASING DI PTM

DPP IMM AKAN ADAKAN PERKADERAN MAHASISWA ASING DI PTM

Jakarta (20/12/14). Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) bekerjasama dengan Lembaga Hubungan Luar Negeri (LHLN) PP. Muhammadiyah akan melakukan kerjasama terkait pengkaderan bagi Mahasiswa Asing yang kuliah di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Sebagaimana data yang diperoleh dari Majelis Dikti PP Muhammadiyah selama beberapa tahun ini Muhammadiyah telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa Muslim yang berasal dari beberapa Negara di ASEAN, seperti Thailand, Philipina, Malaysia dan Vietnam yang tersebar di beberapa PTM besar seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah PROF. DR HAMKA (UHAMKA) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Hal tersebut terungkap dari Audiensi yang dilaksanakan oleh DPP IMM dengan Lembaga Luar Negeri PP. Muhammadiyah yang dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2014 bertempat di Pusat Dakwah Muhammadiyah Menteng Jakarta Pusat. Audiensi tersebut dihadiri langsung oleh Beni Pramula selaku Ketua Umum DPP IMM, Ela Nofita Sari selaku Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP IMM dan jajaran pengurus DPP IMM lainnya serta dari Sekretaris Lembaga Luar Negeri PP. Muhammadiyah (Wachid Ridwan) serta pengurus lainnya.

Ada Dua Issue yang menjadi perhatian DPP IMM, yaitu Issue kemanusiaan global dan ideology universal Muhammadiyah, dimana untuk pertama kalinya dalam Muktamar 1 Abad Muhamamdiyah tahun 2010 di Yogyakarta dihadiri oleh Cabang-Cabang Istmewa Muhammadiyah yang berada di luar negeri.  Walaupun cabang-cabang tersebut dirintis oleh kader-kader Muhammadiyah yang sedang menempuh studi di luar negeri, ya, akan tetapi itu cukup menggembirakan, sebagai pijakan awal bagi Muhammadiyah untuk mengintenasionalkan gerakan  dalam dakwahnya.

IMM selaku organisasi otonom Muhammadiyah telah mengambil perannya sebagai bagian dari Pemuda Muslim Dunia, ikut berkontribusi dalam Misi kemanusiaa global terutama dalam Isu Palestina. Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh IMM, Misalnya di tahun 2013 DPP IMM telah sukses melaksanakan International Youth Conference yang di hadiri oleh 10 negara ASEAN dan 5 Negara sahabat; seperti India, Palestina,Saudi Arabia, Aljazair dan Banglades. Kedepan DPP IMM juga akan menyeleksi kader-kader terbaik Ikatan dari seluruh Nusantara untuk bisa mengikuti pertukaran Pemuda ke berbagai Negara baik yang berada di kawasan Asia Tengah, Eropa, Amerika Utara, dan Australia.

Hasil Audiensi tersebut DPP IMM melalui bidang kader, korps instruktur dan Bidang Luar Negeri pada bulan Januari 2015 nanti akan mengadakan Perkaderan Utama (Darul Arqom) secara khusus kepada Mahasiwa-Mahasiswa Asing tersebut supaya mereka bisa mengenal Muhammadiyah secara utuh, bisa bergabung dengan IMM dan bisa menjadi agen Muhammadiyah di Negara-nya masing-masing setelah kembali nantinya. (Rls-Ela)

Ref  : http://dppimm.or.id